Thursday, December 14, 2017

Ketentuan Umum

KETENTUAN UMUM

BAB I

KETENTUAN UMUM

Pasal 1 Batasan Dan Pengertian

 

Dalam keputusan ini yang dimaksud dengan:

 1.      Tahun akademik

Adalah tahun ajaran yang dibagi minimum dalam 2 semester (Gasal dan Genap), yang masing-masing terdiri atas minimum 16 minggu, dimulai bulan Agustus.

 2.      Kalender Akademik

Kalender Akademik atau Kalender Pendidikan adalah sejumlah kegiatan yang mencakup permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif, dan hari libur.

 3.      Sistem Kredit Semester (SKS)

Adalah suatu sistem penyelenggaraan pendidikan dengan menggunakan satuan kredit semester (sks) untuk menyatakan beban studi mahasiswa, beban kerja dosen, pengalaman belajar dan beban penyelenggaraan program

 4.      Kredit

Adalah pengakuan secara formal bahwa seseorang telah benar-benar menyelesaikan suatu pelajaran dalam jangka waktu tertentu.  Unit terkecil dari kredit adalah satuan kredit semester (sks).

 5.      Satu satuan kredit semester (sks) untuk perkuliahan teori adalah nilai dari beban kegiatan yang meliputi keseluruhan dari tiga macam kegiatan per-minggu tiap semester, yaitu :

5.1. untuk mahasiswa:

    1. selama 50 menit acara tatap muka terjadwal dengan tenaga pengajar;
    2. selama 60 menit acara kegiatan akademik terstruktur, yaitu kegiatan studi tidak terjadwal tetapi direncanakan oleh tenaga pengajar;
    3. selama 60 menit acara kegiatan akademik mandiri, yaitu kegiatan belajar yang harus dilakukan mahasiswa secara mandiri (tidak direncanakan oleh tenaga pengajar) untuk mendalami materi perkuliahan.

5.2. untuk tenaga pengajar:

    1. selama 50 menit acara tatap muka terjadwal dengan mahasiswa;
    2. selama 60 menit untuk perencanaan dan penilaian kegiatan akademik terstruktur;
    3. selama 60 menit untuk pengembangan bahan kuliah

 6.      Semester

Adalah satuan waktu kegiatan yang terdiri atas 16-19 minggu kuliah atau kegiatan terjadwal lainnya, berikut dengan kegiatan iringannya.

7.      Program Pendidikan

Adalah kesatuan usaha yang dilakukan untuk menyiapkan mahasiswa melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan/atau latihan

 8.      Sekolah

Adalah Sekolah Tinggi Teologi Berea, Salatiga

 9.      Program Studi (Prodi)

Adalah kesatuan rencana belajar sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan akademik dan/atau profesional yang diselenggarakan atas dasar suatu kurikulum serta ditujukan agar mahasiswa dapat menguasai pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang sesuai dengan sasaran kurikulum.

10.    Program Khusus

Adalah program pendidikan bagi seseorang yang ingin mengikuti kuliah/pelatihan/ pendidikan tertentu sebagai tambahan pengetahuan dan tidak bertujuan untuk menyelesaikan program studi secara bulat serta tidak dapat digunakan untuk mencapai satu gelar tertentu.  Mahasiswa Program Khusus disebut Mahasiswa Pendengar. 

 11.    Kurikulum

Adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian pelajaran serta cara penyampaian dan penilaian yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Materi muatan kurikulum disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

 12.    Perwalian akademik

Adalah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa untuk mendapatkan pengarahan dan bimbingan akademik dari wali studi.

 13.   Beban studi

Adalah jumlah sks minimal yang harus diperoleh mahasiswa untuk menyelesaikan program pendidikannya.

 14.   Skripsi

Adalah karya tulis ilmiah mahasiswa sebagai hasil penelitian yang dilaksanakan untuk memenuhi sebagian persyaratan penyelesaian kurikulum program pendidikan Sarjana (S-1)

 15.    Ujian

Adalah proses untuk mengukur kemampuan dan kemajuan belajar mahasiswa yang diselenggarakan secara khusus dengan tujuan tertentu

 16.    Ujian Karya Tulis Ilmiah (Skripsi)

Adalah proses penilaian kemampuan mahasiswa setelah menyelesaikan karya tulis ilmiah, yang merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan program studi.

 17.    Akreditasi

Adalah pengakuan atas program studi pada perguruan tinggiyang memenuhi standar minimal, sehingga lulusannya dengan persyaratan tertentu dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi atau memasuki pendidikan spesialisasi atau menjalankan praktek profesi.

18.    Kerja sama Kegiatan Akademik

Adalah kerja sama dalam melaksanakan kegiatan akademik yang dilakukan antara STT Berea dengan Perguruan Tinggi atau lembaga-lembaga lain di Indonesia maupun luar negeri dengan mengacu pada peraturan yang ditetapkan pemerintah.

 19.   Dosen

Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

20.    Mahasiswa

Adalah peserta didik yang memenuhi syarat dan terdaftar secara sah sebagai mahasiswa dan menempuh pendidikan di STT Berea.

21.     Statuta

Adalah pedoman dasar penyelenggaraan kegiatan yang dipakai sebagai acuan untuk merencanakan, mengembangkan, menyelenggarakan dan mengevaluasi kegiatan program sesuai dengan visi, misi dan tujuan STT Berea.

 22.    Ketua Sekolah

Adalah Ketua Sekolah Tinggi Teologi Berea, Salatiga.

 23.   Puket

Adalah Pembantu Ketua yang melakukan tugas pokok dan fungsi sebagai representatif Ketua.

 24.   Stakeholders

Adalah kelompok atau individu yang dukungannya diperlukan demi kesejahteraan dan kelangsungan hidup STT Berea

Sekolah Minggu

286079
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
129
181
853
283693
2842
4720
286079

Your IP: 54.227.51.103
Server Time: 2017-12-14 15:01:02

Search

Login Form