Thursday, December 14, 2017

Registrasi Mahasiswa Dan Registrasi Matakuliah

 

Pasal 16
Registrasi Mahasiswa

  1. Mahasiswa yang masih aktif studi, wajib melaksanakan Registrasi Mahasiswa (Rema), yang diadakan setiap awal semester untuk mempertahankan statusnya sebagai mahasiswa.
  2. Rema dilaksanakan di Kantor Biro Administrasi Akademik berdasarkan tanggal yang tercantum dalam kalender akademik.
  3. Pada saat Rema, mahasiswa wajib membayar kewajiban keuangan sejumlah yang telah ditetapkan oleh sekolah. Jika kewajiban keuangan belum dapat dilunasi pada saat Rema, mahasiswa belum dapat melaksanakan Registrasi Mata Kuliah (Remaku) dan mengikuti perkuliahan, kecuali mendapatkan ijin dari Puket II.
  4. Rema dan Remaku dilaksanakan secara bersamaan pada jam kantor.
  5. Mahasiswa yang telah melaksanakan Rema dan Remaku, berhak mendapatkan KHS (Kartu Hasil Studi) dan mengisi KRS (Kartu Rencana Studi).

 

Pasal 17
Lalai Registrasi

  1. Mahasiswa yang tidak melaksanakan Rema dan Remaku sampai batas waktu yang ditentukan dinyatakan lalai registrasi.
  2. Mahasiswa yang tidak dapat melaksanakan Rema dan Remaku pada saat yang ditentukan karena alasan tertentu, harus meminta ijin kepada Ketua Sekolah. Jika ijin didapatkan, denda keterlambatan tetap dikenakan padanya sejumlah yang telah ditetapkan sekolah.
  3. Mahasiswa yang lalai Rema selama satu semester, dan pada saat semester berikutnya melaksanakan, maka ia wajib melunasi biaya rema semester sebelumnya itu di samping membayar kewajiban keuangan semester yang akan berjalan.
  4. Mahasiswa yang lalai Rema hingga 2 semester berturut-turut, akan mendapat surat peringatan dari BAAK agar yang bersangkutan segera melaksanakan Rema dan melunasi kewajiban keuangannya.
  5. Mahasiswa yang tidak mengindahkan surat peringatan tersebut, dan tidak melaksanakan Rema pada semester berikutnya, sehingga menjadi 3 semester berturut-turut, maka dianggap telah keluar dari STT Berea.
  6. Periode semester saat mahasiswa lalai melaksanakan Rema, tetap diperhitungkan sebagai masa studi.
  7. Mahasiswa yang tidak melaksanakan Rema, tidak berhak melakukan Remaku

 

Pasal 18
Registrasi Mata Kuliah (Remaku)

  1. Registrasi Mata Kuliah (Remaku) dilaksanakan setiap awal semester bersamaan dengan Registrasi Mata Kuliah (Rema) sesuai dengan tanggal yang tercantum dikalender akademik.
  2. Setiap mahasiswa wajib melaksanakan Remaku pada saat awal semester ganjil dan genap berdasarkan mata kuliah yang ditawarkan pada semester itu.
  3. Dalam menyusun rencana studi untuk Remaku, mahasiswa dibimbing oleh Wali Studi dengan memperhatikan Indeks Prestasi Semester (IPS), Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), daftar mata kuliah, jadwal kuliah reguler dan daftar pengambilan sks maksimum. Kecuali bagi mahasiswa transfer, bimbingan penyusunan rencana studi dilakukan oleh Ketua Program Studi.
  4. Adjustment adalah masa mahasiswa bisa menambah dan membatalkan pendaftaran mata kuliah karena berbagai alasan. Penambahan mata kuliah dapat dilakukan paling lama sebelum pertemuan yang ketiga mata kuliah yang dimaksud. Pengurangan mata kuliah dapat dilakukan paling lama sebelum pertemuan yang keenam mata kuliah yang dimaksud.
  5. Kartu Rencana Studi (KRS), formulir penambahan dan pembatalan mata kuliah, Daftar Presensi (DP) dan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), disediakan oleh BAAK.
  6. Mahasiswa yang telah melaksanakan Remaku, namanya berhak dicantumkan dalam Daftar Presensi mata kuliah. Jika namanya belum tercantum karena kelalaian staf BAAK, maka DP akan direvisi.
  7. DP akan dibagikan pada setiap dosen dan sekretaris kelas pada awal perkuliahan. Dosen akan membacakan nama mahasiswa yang tercantum di DP untuk memastikan kebenarannya. Jika terjadi ketidaksesuaian, maka dosen dan mahasiswa yang bersangkutan diminta untuk mengurusnya ke BAAK.
  8. Setiap mahasiswa wajib membubuhkan tanda tangan di Daftar Presensi sebagai bukti kehadirannya di dalam setiap pertemuan. Tidak adanya tangan membuktikan ketidakhadiran mahasiswa.
  9. Mahasiswa yang melakukan Rema tetapi tidak melaksanakan Remaku, tidak diijinkan mengikuti kuliah, dan semester tersebut tetap diperhitungkan sebagai masa studi.
  10. Jika dijumpai mahasiswa mengikuti mata kuliah tanpa melaksanakan Rema dan Remaku, maka kehadirannya di kelas tidak diperhitungkan dan tidak berhak mendapatkan penilaian untuk semua tugas yang dikerjakannya.

 

Pasal 19
Status Registrasi Matakuliah (Remaku)

  1. Status Remaku terdiri atas Baru (B), Ulang (U), dan Pendengar (P)
  2. Status Remaku Baru (B), Ulang (U), dan Pendengar (P) dicatat dalam Daftar Nilai dan Kartu Hasil Studi (KHS)
  3. Registrasi Mata Kuliah Pendengar (P) dikenakan biaya seharga sks mata kuliah tersebut.

Sekolah Minggu

286061
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
111
181
835
283693
2824
4720
286061

Your IP: 54.227.51.103
Server Time: 2017-12-14 14:56:19

Search

Login Form